Memulai Mimpi dari Nol


Aku tak tahu apa yang namanya bisnis, makanya aku belajar banyak tentang usaha. Ternyata memang tak segampang yang kita pikirkan. Ketika kita bekerja dengan orang lain, semua mudah saja. Tiap bulan pasti terima gaji, dan bekerja dengan rutinitas yang hampir sama. Namun, ketika kita bekerja untuk diri kita sendiri, ternyata ada banyak sekali rintangan menghadang kita. Mulai dari pribadi diri kita sendiri. Mungkin kitanya yang males untuk ngejalani usaha kita, atau mungkin ada tantangan dari luar, misal susahnya nyari pelanggan, harus punya inovasi baru.

Untuk pertama kali saya memulai bisnis. Bisnis di craft dan fashion ini bukanlah bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan primer seseorang. Bisnis ini merupakan secondary things dalam kehidupan manusia.

Selain itu, saya juga harus mencari inovasi dan belajar lebih banyak lagi tentang bidang saya yang satu ini. Mungkin lebih nikmat menjadi seorang komentator, mengamati lalu memberi komentar. Ini bagus, ini kurang ini. Dulu saya bagian dari itu semua. Dan ketika saya menjadi bagian dari pelaksana, ternyata tak semudah yang saya bayangkan.

Memulai dari nol, harus siap belajar banyak. Harus siap mental untuk dikritik. Menjadi seorang pebisnis bukanlah hal yang mudah. Mungkin target saya untuk sekarang ini hingga satu tahun ke depan bukanlah mencari keuntungan dulu, saya mentargetkan punya link yang banyak, dan mencari sisi keunikan diri saya. Dan satu hal lagi, memberi sebanyak-banyaknya, maka kita akan mendapatkan lebih. Jadi, saya harus memberi dulu sebelum saya menerima…

Thanks my God, Allah.

2 Responses

  1. from zero to hero =)

  2. Sy mau donk belajar gimna cara’y?

Leave a Reply

